Friday, April 7, 2023

Sejarah Negeri Besar


 

Negeri Besar adalah sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Way Kanan, Lampung, Indonesia. Meskipun tergolong sebagai kecamatan yang masih baru, Negeri Besar memiliki sejarah dan kebudayaan yang kaya.

Menurut catatan sejarah, Negeri Besar pada awalnya merupakan wilayah kekuasaan kerajaan-kerajaan kecil di Lampung. Pada abad ke-19, wilayah ini menjadi bagian dari Keresidenan Lampung yang dikuasai oleh Belanda.

Selama masa penjajahan Belanda, Negeri Besar menjadi pusat perdagangan dan transportasi di wilayah Way Kanan. Beberapa bangunan kuno seperti rumah-rumah tua, bangunan pemerintahan, dan jembatan-jembatan tua masih dapat ditemukan di Negeri Besar.

Setelah Indonesia merdeka, Negeri Besar menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah. Pada tahun 1999, Way Kanan dimekarkan dari Kabupaten Lampung Tengah dan Negeri Besar menjadi salah satu kecamatan di kabupaten yang baru tersebut.

Saat ini, Negeri Besar terkenal dengan produksi kopi dan padi yang berkualitas. Selain itu, kecamatan ini juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik, seperti Pantai Pasir Putih, Pulau Sebuku, dan Danau Ranau.

Keanekaragaman budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Negeri Besar menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik di Provinsi Lampung.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, jumlah penduduk kecamatan Negeri Besar, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, Indonesia sebanyak 41.308 jiwa. Data ini dapat berubah dari waktu ke waktu karena pertambahan penduduk, perpindahan penduduk, maupun perubahan metode penghitungan populasi yang dilakukan oleh BPS.

0 comments:

Post a Comment